BELA NEGARA BERSAMA BATALYON INF. 8 MARINIR

0
1063

BELA NEGARA BERSAMA BATALYON INF. 8 MARINIR

Senin 08 Mei 2017 di Pangkalan Berandan dilaksanakan  kegiatan kunjungan lapangan oleh mahasiswa STKIP Budidaya Binjai beserta para dosen  dan elemen struktural STKIP Budidaya Binjai dalam rangka program kerja STKIP Budidaya Binjai.  Hal ini dilakukan guna membentuk mahasiswa yang Unggul, Profesional, Berkarakter, dan Cinta Akan Tanah Air.

Kegiatan  tersebut diawali  pada pukul 08.00 WIB di lapangan Apel Yonif-8 Marinir, disana mahasiswa dilatih kemampuan baris berbaris, kekompakan, kedisipilinan, dan berbagai hal yang menunjang semangat akan pendidikan berkarakter.

Kemudian pukul 09.15 WIB dilakukan pemutaran video profil Korps Marinir mengenai sejarah, tujuan, struktur, dan pemberian materi bela negara. Kegiatan dlanjutkan pukul 14.00 WIB dimana dilakukan tour facility mengenai marinir dan pengenalan kompi-kompi yang ada di kesatuan korps marinir 8 P. Berandan.

14.35 WIB mahasiswa dibekali pengetahuan drill senjata dimana mahasiswa memperoleh pengalaman baru selain mendapat materi perkuliahan, yakni pengenalan bagaimana penggunaan senjata. Dalam hal ini drill senjata dilakukan pada jenis senjata laras panjang Serbu buatan Indonesia, sementara pada pistol drill senjata adalah jenis P226 buatan Jerman. Dalam kegiatan ini mahasiswa terlihat antusias dikarenakan mereka belum pernah mengalami secara langsung bagaimana drill senjata.

Pukul 15.20 WIB mahasiswa diajak oleh pihak marinir guna memperkenalkan alutista yang dipunyai. Disini mahasiswa banyak mengabadikan gambar alutista tersebut. Korps marinir menjelaskan fungsi dari berbagai jenis alutista  yang diperlihatkan, dari jenis Tank, alat tempur jenis amfibi, dan beberapa jenis lainnya.

Kemudian pukul 16. 30 WIB kegiatan pada saat itu ditutup oleh Ketua STKIP Budidaya Binjai dengan pengarahan kepada mahasiswa tentang pendidikan berkarakter, profesional, unggul, dan bagaimana selalu menanamkan rasa cinta akan tanah air. Selain itu, Prof. Dr. Syaiful Sagala, S.Sos, M.Pd memaparkan bahwa Indonesia merupakan negara maritim, oleh karenanya Marinir sebagai bagian dari pertahanan laut di Indonesia akan selalu siap dan siaga dalam mempertahankan dan menjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia khususnya di wilayah kelautan.

Acara pun ditutup dengan ucapan terima kasih kepada Keluarga Besar Korps Marinir P. Berandan yang telah menerima kunjungan dengan baik dan  mendukung kegiatan ini hingga terlaksana dengan baik sesuai harapan bersama. Lalu kegiatan saling bersalaman antara pihak STKIP Budidaya dan mahasiswa dengan keluarga besar Korps Marinir 8 P. Berandan menjadi kegiatan akhir dari program ini.

Comments

comments